Senin, 21 November 2011

Pembandingan Iklan dan media TV

( TUGAS : INDIVIDU  )

                Periklanan merupakan salah satu aspek dari komunikasi pemasaran perusahaan. Perusahaan mengunakan periklanan dengan tujuan melakukan komunikasi secara persuasif. Terhadap masyarakat yang menjadi target. Himpunan peraturan  dan etika periklanan Indonesia, mendefenisikan periklanan sebagai ‘’segala bentuk pesan tentang suatu produk di samapaikan melalui suatu media, di biayai oleh pemrakarsa  yang di kenal, serta di tujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat’’(perastuan perusahaan periklanan Indonesia, 2007, para. 1). Periklanan adalah komunikasi komersil dan non personal dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khlayak.(audiensce). Target melalui medis bersifat massal, seperti televise, radio, majalah Koran, direct mail, reklame luar ruang atau kendaraan umum. Dari beberapa defenisi diatas , dapat di simpulkan bahwa periklanan. Adalah. Alat komunikasi untuk menyamapaikan ide ataun pesan tentang suatu produk yang di tujukan kepada target masyarakat tertentu melalui media yang bersifat missal serta memerlukan pembayaran tertentu.
Sedangkan  jenis-jenis media periklanan yang dapat di gunakan adalah sebagai berikut:
1.      Iklan media cetak : surat kabar, jurnal,tabloid dll.
2.      Media elektronik :  TV, radio dll.
3.      Iklan media online : internet
4.      Poster, papan reklame dan media ruang lainnya.
5.      Brosur,booklet, catalog, dan lain-lain.
6.      Surat penawaran melalui direct mail.
7.      Pemeberian sponsor dengan penekanan pada tujuan pemasaran dan periklanan.
8.      Bentuk-bentuk iklan khusus, seperti tas belanja, balon udara, Dll.


IKLAN SHAMPO REJOICE



               Iklan saat ini semakin ketat, secara tidak sadar kita sering melihat adanya pelanggaran etika bisnis dalam sebuah iklan dengan menyerang produk lain baik secara halus maupun dengan frontal. Alasan di balik tidak kusutnya rambut wanita, shampoo rejoice ”Ngapain bayar mahal untuk rambut cantik.”Secara langsung maupun tidak langsung, produsen shampoo tersebut ikut mengedukasi masyarakat bahwa bersepeda motor wajib memakai helm. Selain diatur oleh Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kita semua tahu, memakai helm saat bermotor bisa mengurangi risiko jika terlibat dalam insiden kecelakaan lalu lintas jalan. Sekilas iklan tersebut biasa saja, namun sesungguhnya memuat pesan yang menyerang pesaingnya pantene”. Hal ini merupakan gambaran betapa sebagian orang ataupun organisasi melakukan berbagai cara untuk menjual produknya baik dengan cara halus maupun menyerang pesaingnya dengan terang. 
Ulasan tentang iklan sampo rejoice sbb:
Shampo rejoice membuat rambut indah dan berkilau. Sumpah ngakak ngeliat iklan shampo yang satu ini, hanya karena rambut yang terlalu halus dan lembut bisa berakibat "fatal" . rejoice sedang didukung oleh All kecantikan wanita Berapa banyak dari kita mengalami meluncur halus menyisir rambut kita setiap harinya?. Saya telah mencoba sendiri dan Bersukacitalah pada beberapa klien saya , dan hal itu memberikan rambut yang sangat halus yang menyenangkan untuk menyisir Dalam array yang luas dari produk perawatan rambut yang tersedia saat ini, saya belum menemukan produk yang lebih efektif dan terjangkau dari Bersukacitalah untuk mendapatkan halus, rambut kusut gratis " Bersukacitalah tersedia di semua toko umum dan kimiawan dalam kemasan yang menarik neon hijau, didukung dengan menarik titik-of-sale bahan, iklan media massa dan rumah-ke rumah sampling untuk hampir dua juta rumah tangga.
            Iklan di atas pasti menginformasikan kita semua bahwa dengan menggunakan shampoo rejoice rambut menjadi sangat licin bagi yang menyentuhnya. Namun apakah demikian setelah anda menggunakan rejoice?tentu semua orang berpendapat tidak.dan setelah kita logikakan,mengapa rejoice menampilkan iklan seperti di atas?karena rejoice memiliki target pasarnya sendiri yaitu dimana seorang yang ingin memiliki rambut yang halus. seperti pada gambar di kanan kita tentu memahami bagaimana rejoice membidik pasar sasarannya. memang kenyataannya tidak selicin iklan pada video namun dengan begitu rejoice menginformasikan bahwa hanya dengan menggunakan shampoo tersebut rambut menjadi licin sehingga terkesan halus dan lembut,dengan begitu rejoice dapat menarik lebih banyak segment pasarnya memang kadang dalam menampilkan sebuah iklan sesuatu harus ditampilkan secara berlebihan dengan maksud yang jelas,unik dan terarah sehingga membangkitkan needs yang ada dalam diri masing-masing audiens juga membangkitkan gairah dari audiens dan berdampak pada pembelian serta repeat buying(pembelian secara berulang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar